Polewali Mandar mukhsinpro@gmail.com 081342023999

Blognya Anak Muda

Top Billboard on this Weekend

Tuesday, December 8, 2015

5 Jenis Orang yang Suka Nontong Dubbing Bahasa Indonesia

Pernah gak sih nyalain TV trus gak sengaja nonton film asing (Hollywood, Jepang, Korea, Uganda, Rwanda) yang tayangannya tuh udah di dubbing pake Bahasa Indonesia? Sesungguhnya dubbing ini masih jadi pro dan kontra. Banyak yang menyukainya, tapi gak dikit juga yang sebel. Yang gak suka dubbing sih ngomelnya soal gimana dubbing itu bisa ganggu kemurnian sebuah karya. Apalagi kalo kualitas dubbingnya gak selevel dengan aslinya. Dubbing bisa ganggu kenyamanan pengalaman menonton apalagi kalau proses penerjemahannya jauh dari materi aslinya. Dengan mengindahkan orang-orang yang kontra itu mari kita bahas pihak yang pro dubbing. Inilah jenis-jenis orang yang demen banget nonton pake dubbing bahasa Indonesia!

1. Orang Tua

Orang tua paling suka nonton tayangan yang pake dubbing soalnya mereka gak mau repot dan sesungguhnya bener-bener gak peduli soal kualitas dubbing atau penerjemahannya soalnya mereka tuh nonton ya buat hiburan semata. Gak ribet dan gak repot.

2. Anak Kecil

Kurang lebih alasannya sama kayak orang tua. Anak kecil sih kalau nonton sesuatu bener-bener jujur nyari hiburan dan gak ada kepikiran sedikitpun buat menelaah dan mengkritiknya. Yang penting Everything is Awesome! Dah gitu aja.

3. Orang Males Baca Subtitle

Kalau gak pake dubbing biasanya yang diandelin buat ngerti apa yang diomongin di film itu adalah subtitle. Tapi kalo ngandelin subtitle berarti gak bisa fokus banget merhatiin tampang para pemerannya, yang artinya kerugian juga soalnya kelewatan satu detik aja ngeliatin Emma Stone berarti udah nolak rejeki. Subtitle juga gak bisa terlalu diandelin soalnya bisa kecepatan/kelambatan.

4. Orang yang Cinta Banget Bahasa Indonesia

Jenis orang ini kasian juga. Cinta bahasa sendiri emang baik, tapi bukan berarti harus gak pedulian untuk belajar bahasa asing. Orang jenis ini berpikir bahwa selama dia masih tinggal di Indonesia dan gak akan pindah kemana-mana, hidupnya bakal tentram aja tanpa harus belajar sesuatu yang baru. Salah besar sih ini soalnya di era sekarang sih gak bisa bahasa Inggris bakalan jadi bulan-bulanan bangsa lain.

5. Para Dubber dan Keluarganya


Lumrah sih ini. Namanya juga kerjaannya. Sumber nafkahnya. Bisa dibayangin kalau proses Dubbing ditiadakan mereka bakal kelimpungan dan kehilangan sumber pendapatan. Makanya sih mending toleransi aja. Menyangkut kemampuan sesorang menyambung hidupnya nih. Gak sepele. Kalau emang gak suka dubbing ya mending jangan nonton di TV deh. Ada sesuatu yang namanya Torrent dan dia bakal cocok buat siapapun yang gak suka dubbing.

Kamu termasuk yang mana nih? Yang pro dubbing atau kontra?

*Sumber : Malas Banget

  20 comments:

  1. wah , kyk nya TS lagi bicarain gua . ^^
    hahahahaha . . . ^^

    ReplyDelete
  2. wkakakka kocak ya ane kebetulan juga suka nonton dubing dubing lagu tapi aka lipsing wkwkkw

    ReplyDelete
  3. wkkwkwkwkkw,,,, lanjut post yg lebih lucu gann

    ReplyDelete
  4. W)wwk bener coeg yg terakhir :v penyajiannya ane ngakak :v nice postlah. :D

    ReplyDelete
  5. haha, ,ane juga seneng gan film dubing , ,hehe

    ReplyDelete
  6. Khakhkhakakahahakak ,,, tyangbtrkhir bikin ngaka, masak para dubber ma keluarganya,, ngaco ah

    ReplyDelete
  7. gua mah yang kontra bang. kenapa? karena pembedaan bahasa itu penting mas biar bisa menambah wawassan mas :)

    ReplyDelete
  8. ane cinta bahasa indonesia makanya ane suka nntn film luar yg udh di dubbing bahasa indonesia .

    ReplyDelete
  9. ane kurang suka nonton film luar yang udh di dubbing

    ReplyDelete
  10. iyaaak, ketauan deh, keren (y) post nya kocak

    ReplyDelete
  11. Wah kalo ane paling gak suka ni kalo nonton film udan di dubbing karena saya rasa udah gak original lagi

    ReplyDelete
  12. kalo yang anak kecil sih, mau dubbing mau subbing gak penting yang penting nonton, ... kayak anak kecil di sini, nonton dub eng sub eng gak masalah .. wkwk

    ReplyDelete

Followers

10 Top Post

Total Pengunjung

Featured Post

Hal Ngeselin Saat Main Clash Of Clans

Sebagai mahasiswa semester 4 gue mulai mengalami kejenuhan di dunia perkuliahan. Gue ngerasa tiap hari kerjaan gue Cuma ketemu tugas, tu...

Mohon ikuti saya

Powered by Blogger.