Polewali Mandar mukhsinpro@gmail.com 081342023999

Blognya Anak Muda

Top Billboard on this Weekend

Friday, December 18, 2015

Catatan Inti Tentang Kopi

Hobi menulis, Bro-Sist? Suka kopi?

Kopi menjadi salah-satu minuman paling kontroversial di dunia. Orang mengupas sisi buruknya, orang juga menguliti kebaikan-kebaikannya. Mungkin fakta ‘so sad, but true’ ini yang membuatku terus menunda waktu untuk membahasnya. Ha ha ha, alasan.

Daku tidak tahu detail tentang kopi. Bukan ahli atau pakar di bidangnya. Daku juga belum mencicipi aneka kopi dari penjuru dunia, atau pun dari sudut-sudut Indonesia. Yang daku tahu, kopi menjadi sesuatu yang ‘sebisa mungkin’ harus hadir. Kalau tidak ada, hidup serasa hampa. Rasa malas dan tak bergairah pun sering melanda. #peace
Daku juga bukan ‘penulis’, dalam artian yang sudah menelurkan karya solo via penerbit mayor, atau sudah memampangkan nama di media-media massa yang besar massanya. Tapi yang kulakukan tiap hari, membuat jari-jemariku terus menari, merangkai kata yang sekiranya bisa membawakan pesan atau informasi dengan baik. Errr… hobi.

Hobi sekaligus juga jembatan rezeki itu dijalani tiap hari. Begitu pun dengan aktivitas ngopi. Tiap hari juga. Tapi daku atur. Mayoritas hanya segelas sehari. Namun kalau tengah menjalani rough day, pasti ngopinya lebih dari satu cangkir. Akan tetapi, tetap diusahakan agar maksimalnya sampai 2 kali saja. Sesuka apapun kita akan sesuatu, porsinya jangan berlebihan. Nah, daku cuma berusaha menjalani prinsip itu.

1. Kopi dan Kreativitas

Kafein merangsang kreativitas, juga mempercepat fungsi tubuh. Tak heran kalau kopi, yang didalamnya mengandung kafein, sering dikaitkan dengan penulis atau profesi intelektual lainnya. Begitu yang bisa daku cerna dari sebuah artikel yang terdapat dalam ezinearticles(dot)com. Daku yakin pernyataan serupa bisa ditemukan di berbagai tulisan lain.

Tapi sebenarnya kita bisa merasakannya sendiri. Kreatif, yang berasal dari kata create atau menciptakan, seakan menjadi kata kerja yang mudah dilakukan manakala kita menyeruput kopi. Ide berdatangan, kata-kata berbondong-bondong keluar atau paling tidak, pikiran kita tidak benar-benar melompong.

2. Kopi dan Energi

Pagi dan kopi menjadi kombinasi yang pas untuk mengawali hari. Tak heran, suka ada orang yang merasa enggak afdhol atau begitu lemas manakala memulai aktivitas tanpa ngopi dulu. Dengan kopi, ada energi yang seakan nge-boost kita untuk bergerak atau melakukan sesuatu. Kita berinisiatif untuk berkreasi. Penulis dengan tulisannya, pelukis dengan lukisannya atau pekerja lain dengan tugasnya masing-masing.

3. Kopi dan Komitmen

Daku pribadi sangat jarang ngopi sambil santai. Kalau ngopi, pastilah sambil melakukan sesuatu, dan tentu saja… menulis. Kopi mengandung kafein, yang menjadi stimulant. Otak, pikiran dan badan kita rasanya segar. Rasa ngantuk dan capek menjauh. Jadi sayang saja kalau kebugaran itu tidak dimanfaatkan untuk membuat sesuatu.

4. Kopi dan Rasa Pegal

Pegal karena kelamaan berada di posisi tertentu akan berhasil mengusik tubuh. Konsentrasi atau daya fokus pun jadi buyar. Namun menurut BMC Research Note, minum kopi bisa mengurangi rasa sakit di area belakang (punggung).

Memang, ya. Kopi juga seakan-akan bisa mengendorkan otot. Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri bagi berbagai pihak, khususnya penulis, yang kerap duduk berlama-lama dan posisi yang itu-itu saja.

5. Kopi dan Rasa Percaya Diri

Kalau kreativitas sudah berhasil kita undang, rasa percaya diri pun akan menghampiri dengan sendirinya. Ada kalanya daku merasa ide tulisanku itu seperti konyol, enggak berbobot, kacangan, gila, dsb. Rasa itu, kalau terlalu kita ‘anggap’ dan dimasukkan ke hati, otomatis perasaan minder akan mendominasi.

Namun kadang… karena kopi sudah ngeboost kreativitas, rasa pede akan muncul sendiri. Kita akan meneruskan atau mengeksekusi ide yang sebelumnya dianggap ‘kurang waras’. Tak jarang, hasil bagus justeru berasal dari gagasan gila atau sederhana.

Daku harap tulisan ini tidak dianggap sebagai promosi atau kampanye minum kopi. Tak semua orang akan suka dan setuju atas sesuatu yang kita sukai dan setujui, kok.

*Sumber : Rose Diana

  7 comments:

  1. keren banget artikelnya gan...ternyata begitu dahsyatnya manfaat kopi ya...trims gan

    ReplyDelete
  2. Diluar topik nih.. gw suka blog ente.. keren.. (y) :D. izin nempel di blog gw ya..

    ReplyDelete
  3. Saya setiap harinya minum kopi:), pengalaman saya ketika minum kopi itu rasa malas hilang :), cuma kelemahannya kalau kita berhenti minum kopi, misalnya 1 hari, saya ngantuk berat gan :3, sehari bisa 11 jam :3

    bedasarkan pengalaman saya gan :D

    ReplyDelete
  4. artikelnya sangat bermanfaat gan lanjutkan membuat artikel yang bermnafaat gan

    ReplyDelete
  5. Bary tau saya kopi banyak manfaatnya :D

    ReplyDelete
  6. Kalau ada yg minat kopy gayo bisa bilang ma ane ya.... hehehe....

    Kunjungi juga link ane ya;
    http://www.tufotech.com/

    ReplyDelete
  7. kadang kebanyakn inspirasi juga diawali dengan kopi.. :)

    ReplyDelete

Followers

10 Top Post

Pengunjung

Total Pengunjung

Featured Post

Hal Ngeselin Saat Main Clash Of Clans

Sebagai mahasiswa semester 4 gue mulai mengalami kejenuhan di dunia perkuliahan. Gue ngerasa tiap hari kerjaan gue Cuma ketemu tugas, tu...

Powered by Blogger.